Hari Ini
 
Thu
Nov
2018
15
 
Menu Utama
Utama
Info
Profile
Jaringan
Pencarian
Visi dan Misi
Galleri Foto
Kontak Kami
Karir
Pelayanan
Medical Check Up
CornerAds By F-Cimag-In
Live Clock Module
 
Utama arrow Info arrow Umum arrow DHA & ARA, Penjaga Kesehatan Saluran Pernapasan
DHA & ARA, Penjaga Kesehatan Saluran Pernapasan PDF Print E-mail

 07 Agustus 2009

 

     DHA dan ARA ternyata tidak hanya bagus untuk perkembangan otak anak dan daya tahan tubuhnya. Nutrisi ini juga baik untuk kesehatan pencernaan dan pernapasan anak. Temuan tersebut baru saja dilansir dokter spesialis anak Rumah Sakit Saint Louis Children's, Gregory Finn MD.

"Asupan DHA dan ARA dalam kadar yang tepat yaitu 17mg/100 kcal DHA dan 34 mg/100 kcal ARA dalam tiga tahun pertama awal kehidupan seorang anak, akan memberi manfaat yang signifikan bagi tumbuh kembang anak dalam tahap berikutnya," jelasnya pada acara seminar & lokakarya yang bertajuk Improving Respiratory, GI and Immune Health through Functional Nutrition, yang diadakan Mead Johnson, Rabu (5/8) kemarin.

 

Penelitian oleh Dr E Birch telah membuktikan bahwa anak-anak yang mengonsumsi DHA dan ARA memiliki tanda-tanda perkembangan kesehatan yang lebih baik dalam usia tiga tahun pertamanya.

Dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengonsumsi DHA dan ARA, anak-anak yang mendapatkan DHA dan ARA pada awal kehidupan memiliki kemungkinan infeksi saluran respirator yang lebih rendah hingga 45 persen (76 persen pada anak yang tidak mengonsumsi DHA dan ARA). Anak-anak ini juga memiliki risiko alergi yang lebih rendah hingga 26 persen (55 persen pada anak yang tidak mengonsumsi DHA dan ARA).

"Selain para orangtua, peran tenaga medis pun tidak kalah penting untuk memperbarui pengetahuan mereka seputar nutrisi pada tumbuh-kembang bayi dan anak, terutama pada area-area yang rentan risiko infeksi seperti daerah respirator, pencernaan, dan daerah lainnya," jelas dokter yang mendapat gelar Best Doctors in America-Pediatrics ini.

Sementara itu Ketua Bagian Anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr dr Bambang Supriyatno SpA(K), mengatakan bahwa kemungkinan terkena infeksi saluran respirator pada bayi dan anak ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan respirator mereka; bukan hanya pada masa tumbuh kembang, melainkan juga dapat berpengaruh hingga dewasa.

Para orangtua harus menyadari benar bahwa pemberian nutrisi bagi para bayi dan anak mereka dengan kadar yang tepat merupakan fondasi awal bagi kesehatan sistem imun bayi dan anak. Nutrisi tersebut juga mampu menjaga kesehatan respiratornya dan membantu perkembangan yang optimal.

"Oleh karena itu, untuk zinc membantu mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), diperlukan nutrisi lengkap termasuk DHA, ARA, vitamin A, vitamin E, dan mineral dalam tumbuh-kembang anak," papar dokter yang juga menjabat sebagai Staf Divisi Respirologi Anak Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI.

Presiden Direktur Mead Johnson Indonesia Martin Ibarreche menyatakan Mead Johnson mengerti bahwa setiap ibu pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Untuk itu, Mead Johnson senantiasa bekerja sama dengan para praktisi kesehatan serta menjadi partner para ibu dalam memberikan nutrisi terbaik bagi anak-anak.

"Dalam kesempatan ini, kami sangat antusias untuk berbagi hasil penelitian terbaru mengenai peran nutrisi, terutama DHA dan ARA dalam membangun imunitas tubuh, terutama dalam mekanisme pertahanan respirator pada anak," ucapnya dalam acara yang sama.

Hal tersebut juga sejalan dengan komitmen Mead Johnson yang bergerak dalam industri nutrisi bayi dan anak berbasis ilmiah, untuk selalu bekerja sama dengan profesional medis dan para ibu dalam memberikan awal terbaik bagi kehidupan sang buah hati. Komitmen tersebut diwujudkan di antaranya melalui berbagai penelitian produk nutrisi bayi dan anak.