Hari Ini
 
Sat
Jul
2018
21
 
Menu Utama
Utama
Info
Profile
Jaringan
Pencarian
Visi dan Misi
Galleri Foto
Kontak Kami
Karir
Pelayanan
Medical Check Up
CornerAds By F-Cimag-In
Live Clock Module
 
Utama arrow Info arrow Umum arrow Cegah Kanker Kulit sejak Dini!
Cegah Kanker Kulit sejak Dini! PDF Print E-mail

 25 Juli 2009

 

      PENYAKIT kanker kulit dewasa ini cenderung mengalami peningkatan jumlahnya terutama di kawasan Afrika Selatan, dan Australia. Apa pasal?

Seperti dikutip dari Health24, Kamis (23/7/2009) penyakit kanker kulit terbesar di seluruh dunia banyak ditemukan diderita orang Eropa yang tinggal di Afrika Selatan dan Australia. Pasalnya, kedua negara ini menerima radiasi sinar ultraviolet (UV) dengan tingkat yang tinggi.

 

Dr Carl Albrecht menyuarakan keprihatinannya karena orang yang tinggal di Afrika Selatan tidak terlalu menyadari bahaya kanker kulit dibandingkan dengan orang yang tinggal di Australia.

Penyebab terjangkitnya kanker kulit ialah terlalu banyak terpapar radiasi sinar UV, dan terbiasa berjemur di pantai dengan hanya mengenakan pakaian renang. Banyak orang tidak menyadari bahaya sinar UV ketika asyik berjemur.

Dengan kasus ini, berjemur bukan sesuatu yang menyehatkan kulit karena berpotensi menderita kanker kulit.

Jika Anda termasuk orang yang senang berjemur tapi tak ingin menderita kanker kulit, sangat mudah untuk mencegahnya. Memakai topi lebar dan kacamata dapat menghindari wajah terpapar sinar matahari langsung. Selain itu, mengenakan pakaian berlengan panjang dengan model longgar serta bahan yang dingin juga bisa melindungi kulit dari bahaya buruk UV.

Jangan pernah meninggalkan rumah untuk pergi ke pantai tanpa memakai sunscreen di wajah! Lindungi seluruh tubuh Anda dari bahaya buruk sinar matahari dengan SPF minimal 45.

Terutama pada anak kecil dan bayi, mereka mudah diserang penyakit kanker kulit. Sinar matahari antara pukul 10.00-16.00 harus dihindari. Sebab pada tengah hari itulah sinar UV sangat kuat.

Ini tidak hanya berlaku untuk anak-anak. Namun, orang dewasa juga harus menghindari paparan buruk sinar matahari langsung pada waktu tersebut.  

Seseorang yang berkulit putih pucat dengan rambut berwarna merah juga harus lebih memerhatikan kulitnya. Selain itu, orang yang memiliki banyak tahi lalat di wajah dan bintik-bintik pada wajah dianjurkan untuk lebih merawat kulitnya.

Apalagi, jika Anda memiliki sejarah kanker kulit di garis keturunan keluarga. Anda harus lebih perhatian dengan kesehatan kulit.

Selain kanker kulit, paparan sinar UV langsung pada kulit juga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih tebal dan mengkerut. Penuaan dini pun sangat mungkin terjadi di usia Anda yang masih muda.

Iritasi kulit dan beragam penyakit kulit lainnya juga bisa Anda derita jika terlalu banyak terpapar sinar UV