Hari Ini
 
Mon
Sep
2014
22
 
Menu Utama
Utama
Info
Profile
Jaringan
Pencarian
Kotak saran
Visi dan Misi
Galleri Foto
Kontak Kami
Karir
Pelayanan
Medical Check Up
Klinik Jelita
Akupuntur
CornerAds By F-Cimag-In
Live Clock Module
 
Utama arrow Info arrow Umum arrow Membangun Sikap Disiplin Anak
Membangun Sikap Disiplin Anak PDF Print E-mail
 

 22 Maret 2009

 

  MENERAPKAN sikap disiplin pada anak perlu usaha keras. Anda sebagai orangtua juga harus siap memberikan contoh dan menjadi panutan dalam bersikap disiplin.

Salah satu perilaku disiplin yang bisa mulai Anda bentuk adalah mengatur pola tidur sang buah hati. Waktu tidur yang terpola baik akan membiasakan anak melakukan kegiatan yang terorganisir baik dan sesuai jadwal.

Rutinitas tidur pada anak merupakan bagian penting yang mempengaruhi perkembangan otak dan fisiknya. Jika memiliki jadwal tidur yang baik, anak akan memiliki tingkat konsentrasi yang baik.

 

Berikut ini cara menerapkan sikap disiplin pada anak, dimulai dari pola tidur, seperti dikutip dari SheKnows:

Jam tidur malam

Anda selaku orangtua dapat mengatur pola tidur malam anak sebelum pukul 21.00 WIB. Usahakan anak telah menyelesaikan seluruh aktivitasnya sebelum terlelap.

Bimbingan

Anda dapat memberikan bimbingan kepada anak dengan menemaninya menyelesaikan seluruh tugas sekolah sebelum tidur malam. Jika Anda termasuk ibu pekerja, Anda dapat menyisiati waktu dengan pulang ke rumah lebih awal sehingga anak bisa mendapatkan perhatian cukup dari Anda.

Hindari kafein dan gula

Anda sebaiknya memperhatikan jenis asupan makanan si kecil. Jauhkan dia dari mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung kafein ataupun gula. Keduanya dapat membuat anak sulit tidur dan giginya menjadi cepat rusak. Berikan padanya minuman susu hangat untuk membuat tubuhnya lebih rileks sebelum bergegas tidur.

Bangun Pagi

Anda dan si kecil dapat membuat kesepakatan untuk bangun pagi dan melakukan kegiatan bersama, misal kegiatan mandi bareng. Anda tidak hanya membangun hubungan yang mesra dan akrab dengannya, tapi anak juga akan termotivasi untuk semangat bangun pagi.