Hari Ini
 
Sat
Sep
2018
22
 
Menu Utama
Utama
Info
Profile
Jaringan
Pencarian
Visi dan Misi
Galleri Foto
Kontak Kami
Karir
Pelayanan
Medical Check Up
CornerAds By F-Cimag-In
Live Clock Module
 
Utama arrow Info arrow Umum arrow Perkembangan Permasalahan Kesehatan Akibat Banjir di Sragen, Jawa Tengah
Perkembangan Permasalahan Kesehatan Akibat Banjir di Sragen, Jawa Tengah PDF Print E-mail
   
09 Feb 2009

 

       Dinkes Kabupaten Sragen dan PPK Regional Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 2 Februari 2009 sampai pukul 12.30 WIB menginformasikan bahwa pada tanggal 30 Januari – 1 Februari 2009 terjadi bencana banjir di 37 desa pada 11 wilayah Puskesmas (Masaran II, Tanon I, Plupuh I, Plupuh II, Sukodono, Sragen, Sb. Macan I, Gesi, Ngrampel, Sidoharjo dan Gondang), Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Banjir tersebut mengakibatkan sebanyak 10.303 unit rumah terendam dan sebanyak 9.566 unit sarana air bersih tercemar. Jumlah penduduk yang terancam sebanyak 3.101 orang (152 KK)

Korban yang meninggal dunia sebanyak 2 orang, korban yang dirujuk sebanyak 5 orang, dengan rincian sebanyak 4 orang di Puskesmas dan 1 orang di RS. Korban rawat jalan kumulatif sebanyak 3.573 orang. Jumlah pengungsi sebanyak 3.390 orang.


Upaya yang dilakukan antara lain: evakuasi korban, mendirikan Pos Kesehatan dan memberikan pelayanan kesehatan, dan melakukan pemantauan di lokasi bencana.

Saat ini permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat. Pemantauan tetap dilakukan oleh Dinkes Kabupaten Sragen, PPK Regional Jawa Tengah dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.