Hari Ini
 
Sun
Jan
2018
21
 
Menu Utama
Utama
Info
Profile
Jaringan
Pencarian
Visi dan Misi
Galleri Foto
Kontak Kami
Karir
Pelayanan
Medical Check Up
CornerAds By F-Cimag-In
Live Clock Module
 
Utama arrow Info arrow Tips arrow Singkirkan Rasa Sakit di Leher!
Singkirkan Rasa Sakit di Leher! PDF Print E-mail

03 Nopember 2010

 

     SANGAT sering kita mendengar ungkapan sehari-hari "nyeri di leher" digunakan yang menyebabkan aktifitas terganggu. Sakit yang hebat di leher bisa menjadi pengalaman yang sangat tidak menyenangkan.


Terkait dengan faktor berikut -leher Anda menahan kepala selama kurang lebih 16 jam sehari, tujuh hari sepekan dan rasa sakit tidak terasa hanya ketika sedang berbaring tidur. Selama 16 jam ini, leher Anda terasa kaku ketika bekerja, bengkok ketika menonton televisi, membaca, berolahraga, bahkan ketika bicara di telepon. Maka tidak heran jika leher Anda berteriak minta tolong!

 

 

Hampir semua orang mempunyai pengalaman dengan nyeri atau kekakuan pada leher. Nyeri leher mengambil hampir setengah semua kondisi sendi tulang, dan ketika seluruh tulang belakang terasa nyeri, ini merupakan kasus paling umum (selain batuk dan flu) pada klinik-klinik praktik dokter umum dan menempati posisi kedua sebagai penyebab seseorang harus cuti bekerja.


Untungnya sebagian besar nyeri leher adalah bukan kondisi yang menyedihkan. "Otot terkilir akut dari leher - akut ‘rine’ leher, adalah 50-60 persen penyebab rasa nyeri di leher. Namun hal ini bisa disembuhkan menggunakan pengobatan sederhana, seperti analgesia, istirahat, dan terapi fisik. Namun, beberapa rasa sakit merupakan sakit lebih serius daripada yang lain," ujar Dr Bernard Lee MK, Direktur Interventional Pain Management Services, Singapore Pain Care Center, Singapura.


"Ada kondisi lain yang dapat mengancam jiwa atau menyebabkan ketidaknyamanan yang besar dan menciptakan rasa sakit yang lainnya, seperti sakit kepala, bahu lemas, pusing dan nyeri pinggang," jelasnya.


Kondisi mengancam jiwa


Kondisi ini memerlukan perawatan segera dan stabilisasi:


1. Kondisi diskus servikal, hal ini mencakupi tonjolan kompresi diskus pada saraf yang menyebabkan stenosis kritis dari kanal tulang belakang, sehingga terjadi pelemahan anggota badan dan kemudian kelumpuhan


2. Retak pada tulang belakang leher yang menyebabkan ketidakseimbangan dan kemungkinan terjadinya kelumpuhan.


3. Infeksi pada organ sekitar leher


4. Aneurisma spontan dari arteri vertebralis atau carotid Hal ini terjadi ketika pembuluh darah di leher secara spontan melebar.


5. Arthropati dan osteoarthritis, nyeri timbul dari kerusakan sendi faset.


Jika kita bagi kategori nyeri leher, nyeri dapat timbul baik secara lokal atau berasal dari daerah lain. Penyebab nyeri lokal pada leher dapat disebabkan oleh:

- Syaraf leher - kompresi atau iritasi saraf

- Ligamental dan cedera otot - keseleo atau pukulan cemeti.

- Ruas tulang belakang leher - peradangan sendi kecil (facet)

- Kerangka tulang - retak

- Infeksi

 

Bahkan ketika penyebab sakit leher adalah jinak, hal ini yang bisa sangat melumpuhkan. Oleh karena itu, kita tidak boleh meremehkan nyeri otot dari leher karena terkilirnya otot lokal yang dapat menyebar hingga bahu, lengan, dan bahkan jari. Terkadang rasanya mirip seperti nyeri dada atau nyeri menusuk pada bahu.


Jika rasa nyeri sudah tak tertahankan, sebaiknya segera konsultasikan dokter. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Dr Bernard Lee di www.paincarecenter.com.sg atau www.flyfeeforhealth.com.