Hari Ini
 
Thu
Nov
2018
15
 
Menu Utama
Utama
Info
Profile
Jaringan
Pencarian
Visi dan Misi
Galleri Foto
Kontak Kami
Karir
Pelayanan
Medical Check Up
CornerAds By F-Cimag-In
Live Clock Module
 
Utama arrow Info arrow Tips arrow Olahraga Juga Ada Aturannya!
Olahraga Juga Ada Aturannya! PDF Print E-mail

 27 Mei 2010

 

   RUTIN berolahraga tak hanya membuat tubuh senantiasa fit. Olahraga juga bisa memberikan bonus bagi kulit. Rajin berolahraga dapat membuat kulit lebih kencang dan tampak segar.
 
Olahraga kardio membantu kulit menyimpan nutrisi lebih baik lalu mengedarkannya melalui aliran darah ke seluruh tubuh. Tak ada yang menyangkal manfaat olahraga bagi kesehatan. Sayang, walau sudah tahu manfaatnya, banyak orang masih sulit berolahraga secara rutin. Kesibukan bekerja biasanya jadi alasan utama.
 

 

Diabetes Mellitus (DM), yang dikenal sebagai penyakit gula atau kencing manis terjadi akibat peningkatan kadar gula (glukosa) dalam darah akibat kekurangan insulin atau reseptor insulin yang tidak berfungsi baik. Di Indonesia sendiri, jumlah penderita diabetesnya menduduki urutan keempat terbanyak di dunia. India berada di urutan pertama, disusul oleh China, dan Amerika Serikat.
 
Bukan rahasia lagi jika penderita diabetes mellitus kini sudah banyak menyerang kawula muda. Hal ini tak lepas dari asupan makan yang tak terkontrol, dan kurangnya aktivitas fisik. Nah, sebagai pencegahan diabetes, gaya hidup sehat sangat penting dilakoni, di antaranya pengaturan pola makan (diet) dan olahraga.
 
Untuk olahraga, seperti jogging, berenang, bersepeda, dan senam bisa menjadi pilihan. Namun yang harus diingat, tubuh juga perlu istirahat, dan tidak boleh terus dibebani kerja berat. Lantas berapa lama sebaiknya olahraga dilakukan dalam sepekan?
 
“Kita tidak boleh capek setelah olahraga, tidak boleh lebih dari 45 menit. Lakukan setiap hari kecuali hari minggu,” papar Susana STP MSc PDEng, Head of Division Nutrifood Research Center dalam acara “Nutrisi Seimbang untuk Cegah dan Atasi Diabetes” di Kembang Goela Restoran, Jakarta, belum lama ini.
 
Mengapa harus melakukan jenis olahraga kardio? “Pembakaran lemak lebih tinggi dengan olahraga yang sifatnya kardio. Fokus pada latihan kardio, lima sampai enam hari dalam seminggu. Bisa diselingi dengan latihan pembentukan otot,” jelas Susana.