Hari Ini
 
Thu
Nov
2018
15
 
Menu Utama
Utama
Info
Profile
Jaringan
Pencarian
Visi dan Misi
Galleri Foto
Kontak Kami
Karir
Pelayanan
Medical Check Up
CornerAds By F-Cimag-In
Live Clock Module
 
Utama arrow Info arrow Tips arrow Rempah Bikin Daging Bakar Aman Disantap
Rempah Bikin Daging Bakar Aman Disantap PDF Print E-mail

 27 Mei 2010

 

    PENELITIAN sebelumnya telah menunjukkan bahwa mengolah daging dengan cara dibakar (barbeque) bisa meningkatkan risiko kanker. Namun, para peneliti belakangan juga melaporkan, solusi untuk mengurangi risiko tersebut terletak pada bumbu rempah.
 
Faktanya, menambahkan beberapa jenis rempah ke olahan daging sebelum dibakar tidak hanya akan menambah rasa, tetapi juga memotong risiko kanker. Demikian seperti okezone kutip dari Health 24, Selasa (25/5/2010).
 

 

Para ilmuwan dari Kansas State University (KSU) menemukan bahwa tiga jenis rempah, termasuk temu kunci, rosemary, dan kunyit , memberikan efek langsung terhadap aktivitas antioksidan untuk mencegah pembentukan amina heterosiklik (HCAs). HCAs adalah senyawa penyebab kanker yang dihasilkan ketika bahan makanan seperti daging sapi dipanggang, dibakar, dikukus, ataupun digoreng.
 
Secara spesifik, ketiga jenis rempah tersebut mengurangi produksi HCA hingga 40 persen sehingga secara signifikan mengurangi risiko yang terkait pertumbuhan kanker kolon, perut, paru-paru, pankreas, payudara, dan kanker prostat.
 
“Daging sapi masak cenderung mengembangkan HCA lebih banyak dibanding jenis daging masak lainnya, seperti daging babi dan ayam," kata salah seorang peneliti J Scott Smith dalam siaran persnya.
 
Rosemary paling ampuh
 
Smith dan tim mengamati enam rempah penghambat HCA, yakni jinten, ketumbar, lengkuas, temu kunci, rosemary, dan kunyit. Dan dari semua rempah yang diteliti, rosemary lah yang paling ampuh menghambat HCA. Rosemary yang kini telah diolah dalam bentuk ekstrak menunjukkan hasil bisa menghambat HCA 61-79 persen. Karenanya, steak yang direndam dengan bumbu rempah tertentu secara efektif menurunkan produksi HCA.
 
Para peneliti menyarankan konsumen agar menambahkan rempah-rempah ke dalam menu masakan mereka, jika diperlukan. Mereka mengatakan, rasa pedas pada rempah-rempah memungkinkan daging bisa dimasak dengan suhu tinggi (di atas 178 Celcius) yang biasanya direkomendasikan untuk memanggang aman. Pada saat yang sama, rempah-rempah tersebut juga memblokir peningkatan produksi HCA yang diketahui terjadi saat panas api meningkat.